Jumat, 30 April 2010

Negara Ini Merdeka Bukan Hadiah Negara Lain Mr !

Tanpa disangka tanpa diduga, Kota Batam yang adem ayem dibuat kaget hingga ke Jakarta dimana pagi-pagi terjadi kerusuhan kecil yang terjadi di lingkungan sebuah perusahaan asing yang bergerak dalam usaha galangan kapal.


Pemicunya sendiri kabarnya (berdasarkan kronologi yang beredar di media) ada seorang pekerja warga negara Singapura berkebangsaan India ketika rapat pagi entah itu disengaja atau tidak tiba-tiba melontarkan kata-kata “ALL INDONESIANS ARE STUPID” akibat perkataan WNA ini memicu kerusuhan kecil di perusahaan tersebut, dan membuat sejumlah warga asing keturunan India terpaksa diungsikan ke Singapura untuk sementara waktu hingga keadaan dapat terkendali..

Pertanyaannya sekarang adalah, BENAR-kah WNA itu mengatakan kata-kata penghinaan terhadap rakyat dan negara ini ? atau memang kerusuhan ini adalah klimaks dari sakit hati dan diskriminasi pekerja terhadap para bos-bosnya seperti upah yang sangat kontras dengan kehidupan Batam yang kita tahu lebih mahal daripada kota-kota besar yang ada di Indonesia atau apa ?


Menurut penulis bukan maksud untuk memperkeruh masalah ini, tetapi penulis melihat ada sesuatu hal yang membuat para pekerja ini akhirnya (maaf) beringas yang berlangsung di kantor tersebut, kita bisa lihat dari kerusakan-kerusakan yang tercipta tidak mungkin mereka bisa membakar puluhan mobil kantor, merusak unit-unit yang ada disana sampai tidak berbentuk, kalau masalah didalam tidak besar benar tidak ?


Kita tidak usah menutup mata bagaimana kesejahteraan para pekerja kita di dalam negeri dimana selalu diperlakukan BUKAN SEBAGAI MANUSIA, dimana para pekerja ini tidak mendapatkan tunjangan seperti asuransi kesehatan atau asuransi kecelakaan padahal mereka kerja mungkin di areal yang beresiko kecelakan tinggi bahkan sampai kematian, kemudian tidak adanya hari libur atau bagi yang wanita tidak adanya cuti Haid, Hamil dan melahirkan, ketika mereka berdemo tentang hak mereka para pejabat Dinas Tenaga Kerja di daerah hingga Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia beserta para penguasha Cuma bisa janji tetapi kenyataannya TIDAK ADA !!!


Selain itu kalau benar ini ucapan langsung dari sang WNA ini, maka penulis juga tidak terima karena apapun kondisinya, negara ini merdeka dan dibangun dengan darah, keringat, dan perjuangan daripada rakyat Indonesia dari Sabang Merauke dari Mianggas hingga Rote BUKAN SEPERTI NEGARA WNA tersebut di BERIKAN LAYAKNYA HADIAH ULANGTAHUN !!!


Kembali soal kejadian ini menurut penulis ada beberapa hal yang harus diperhatikan, pertama, meminta penjelasan kepada WNA ini JIKA benar WNA ini berkata “ ALL INDONESIANS ARE STUPID jika benar maka WNA ini HARUS MEMINTA MAAF melalui media televisi dan cetak kepada masyarakat Indonesia terkait ucapannya, dan diproses hukum oleh pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia


kedua terkait dengan yang pertama tadi, kiranya Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mewakili negara mengirimkan surat protes kepada Kedutaan Republik Singapura atau Kedutaan Republik India (karena belum tahu WNA ini BENAR warga Singapura tetapi keturunan India atau murni warga India) agar mereka meminta maaf kepada masyarakat Indonesia karena tidak bisa mengawasi perilaku warganya yang berada di Indonesia sampai bisa berkata dan menghina rakyat dan negara ini.


Ketiga, meminta Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia agar melihat kembali keberadaan perusahaan ini dari berbagai aspek seperti apakah yang menyebabkan kerusuhan ini karena adanya diskriminasi dalam hal upah yang tidak sesuai atau hak-hak mereka sebagai pekerja tidak diberikan oleh perusahaan, kalau memang itu benar kiranya Kemenakertrans harus memberi sanksi KERAS dan TEGAS, Kementerian ini jangan hanya bisa memberikan ijin untuk usaha kepada pemilik modal asing tetapi karyawannya tidak bisa dipenuhi hak-haknya sebagai pekerja sesuai ratifikasi konvensi tentang buruh oleh ILO !!


Semoga kejadian ini bisa MEMBUKA NURANI para pengusaha agar LEBIH MEMANUSIAKAN para pekerja sesuai dengan hak-haknya sebagai pekerja, anda bisa sukses ini selain kerja keras tentunya adanya para pekerja, TANPA PEKERJA anda bisa apa, dan BELUM tentu usaha anda bisa sukses !! dan kepada para staff yang ada di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi KIRANYA lebih melindungi para pekerja ini BUKAN hanya sekedar PELAYANAN MULUT saja ketika para pekerja ini berdemo tetapi BUKTI NYATA kalau memang perusahaan ini bersalah maka TINDAK TEGAS pengusaha dan pemilik modalnya BUKAN hanya sekedar bermain kata ketika ditanya media !!!


BUAT SEMUA TAIPAN DAN PEKERJA ASING YANG PUNYA PERUSAHAAN DAN BEKERJA DI WILAYAH INDONESIA..INGAT !!! REPUBLIK INDONESIA DIBANGUN DARI DARAH, KERINGAT DAN PERJUANGAN BUKAN HADIAH LAYAKNYA HADIAH ULANG TAHUN SEKALI LAGI BUKAN HADIAH… INGAT ITU !!!


Bunderan HI, 220410 15:10

Rhesza

Pendapat Pribadi

Tidak ada komentar: