Senin, 12 Juli 2010

Berbangga dan bersorak-sorailah Penduduk Catalan…


Pertama-tama penulis ini mengucapkan selamat kepada Tim Merah Emas- La Furia Roja Spanyol atas gelarnya sebagai Juara FIFA World Cup 2010 Afrika Selatan setelah mengalahkan Tim Oranje Belanda dengan skor 1-0 lewat tendangan Andres Inesta pada perpanjangan waktu setelah hampir 90 menit Spanyol dan Belanda bertanding tanpa gol.

Dari pertandingan final ini penulis agak sedikit kagum dengan penampilan tim Spanyol tanpa juga meragukan kemampuan daripada tim Belanda, tetapi dari semua ini khususnya tim Spanyol ada yang mungkin nantinya akan kembali lagi perseteruan dua kota dan satu dari kota ini sudah menunjukkan ego ketika di Piala Dunia.

Mungkin pembaca bertanya-tanya soal tulisan dialenia atas dan juga judul yang penulis tulis tetapi itulah kenyataannya, siapa yang mencetak gol satu-satunya dari Spanyol ? dari klub mana dia ? iya dialah Andres Iniesta pemain Barcelona !

kita semua tahu Iniesta, Barcelona selalu di identikkan dengan perseteruan abadi antara Real Madrid dengan Barcelona, antara Kota Madrid dan Catalan-salah satu propinsi di Spanyol bahkan Catalan dan kota lainnya harus tertutup dengan kejayaan kota Madrid dari segala aspek termasuk urusan politik, bahkan Raja Juan Carlo dan keluarga kerajaan pun fans fanatik dari pada Real Madrid.

Sudah berapa banyak kejadian yang mengakibatkan jatuh korban ketika partai Madrid-Barca berlangsung dan berapa banyak pemain yang pindah dari Madrid ke Barca begitu juga sebaliknya dan dianggap oleh sebagian orang Barca adalah klub kelas dua dan juga bahwa Spanyol itu identik dengan Madri dan Madrid adalah Spanyol bukan Barca atau kota lainnya hingga pada tahun 2005 anggapan itu di buang jauh-jauh karena prestasi Barca yang menjuarai Piala Champion persis dengan perayaan 50 tahun berdirinya UEFA dan dilanjutkan pada tahun 2008 dengan mengalahkan klub Inggris Man. Utd.

Dan sekarang dalam meraih gelar paling diincar semua negara di dunia warga Spanyol khususnya Madrid mau tidak mau harus berterima kasih kepada pemain Barca dan penduduk Catalan selain juga kepada pemain Madrid yaitu Iker Casilas, karena tanpa pemain Catalan ini mana mungkin Spanyol bisa meraih gelar itu benar tidak ?

Terlepas urusan nasionalisme, tetapi di hati penduduk Catalan ada rasa percaya tinggi dan kehormatan bisa membentuk karakter permainan Iniesta dan kontribusi bagi Sepak bola Spanyol dan meraih gelar yang paling diincar oleh semua negara setelah pada tahun 2008 mengukuh kan diri sebagai jawaranya Eropa walaupun dari segi politik mereka di anggap kelas dua dan tertutup oleh kemewahan kota Madrid sama seperti kota Bilbao yang di identikkan dengan separatis Basque ETA oleh pemerintah Spanyol.

Sekali lagi selamat buat Tim La Furia Roja anda memang layak dapat satu bintang emas di atas emblem Federasi Sepak Bola Spanyol-REFF setelah meraih jawara Eropa, dan buat pendukung Barcelona dan Catalan berbangga lah kawan karena dari kota dan klub anda Spanyol bisa meraih juara dunia dan membukakan mata rakyat dunia bahwa Spanyol itu tidak hanya identik dengan Madrid tetapi Barcelona dan Catalan adalah bagian dari Wilayah Kerajaan Spanyol…Bravo La Furia Roja…

Menteng Std, 110710

Rhesza
Pendapat Pribadi

1 komentar:

toko susu mengatakan...

iya selamat buat spanyol,tapi lebih selamat lagi kalo tim nas indonesia yang menang piala dunia,tapi sayangnya ga masuk si..